Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia – Gangguan susah tidur atau yang populer dengan nama insomnia memang sangat menyebalkan, terlebih saat kita sedang banyak aktivitas keesokan harinya. Tubuh kita memerlukan tidur yang cukup di malam hari sebagai sarana pemulihan diri. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengatasi insomnia dengan menggunakan makanan yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Insomnia

Cara ini juga untuk menghindari penggunaan obat tidur yang terkadang memiliki efek samping tidak baik untuk tubuh disamping ketergantungan. Selain itu karena beberapa makanan ini tergolong sebagai superfoods, Anda juga akan mendapatkan manfaat lain yang menjadikan tubuh Anda lebih sehat. Langsung saja simak beberapa tips kesehatan untuk mengatasi insomnia berikut ini.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Susu

Untuk Anda yang sulit terlelap saat malam hari, cobalah minum susu hangat. Susu mengandung senyawa tryptophan yang bermanfaat sebagai agen penginduksi tidur. Lalu kandungan kalsiumnya akan membantu mengurangi stres dan menstabilkan saraf otak.

Pisang

Buah kaya manfaat yang satu ini mengandung vitamin B, magnesium, potasium dan tryptophan. Semua kandungan nutrisi pada pisang ini berguna untuk mengubah seretonin kimia serta melatonin di otak yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Kacang kenari

Mengonsumsi kacang kenari sebelum tidur dapat berguna untuk meningkatkan kadar melatonin di dalam darah yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Biji labu

Biji labu juga mengandung nutrisi seperti Tryptophan yang dapat menginduksi otak agar membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Ikan tuna

Ikan laut yang sehat ini memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan produksi hormon tidur Anda, sehingga Anda lebih mudah tidur dan dapat tidur lebih nyenyak.

Kiwi

Buah hijau yang menyegarkan ini kaya kandungan vitamin C serta serotonin yang tinggi. Mengonsumsinya dapat membantu mengatasi gangguan susah tidur sehingga Anda bisa tidur lebih cepat.

Teh chamomile

Teh bunga ini memiliki kandungan glisin, bahan kimia yang dikenal dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan berguna sebagai penginduksi tidur. Sehingga mengonsumsi teh chamomile sebelum tidur bisa membantu mengurangi stres dan membuat Anda lebih cepat tidur.

Selada

Siapa sangka sayuran hijau yang satu ini juga bisa mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia. Hal ini karena sayur selada mnengandung laktucarium yang dapat membuat saraf Anda menjadi lebih tenang sehingga dapat terhindari dari serangan insomnia.

Nah itulah beberapa cara mengatasi insomnia melalui makanan yang bisa Anda coba. Beberapa makanan di atas juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda karena kaya akan kandungan nutrisi bermanfaat. Semoga berhasil mengatasi gangguan tidur Anda.

Referensi artikel kesehatan: Desakabut.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *