Musik Tingkatkan Kecerdasan Anak

Musik Tingkatkan Kecerdasan Anak

Masa kanak-kanak merupakan periode emas dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia. Karena itu, berikanlah hal-hal positif pada putra–putri Anda. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan anak, salah satunya dengan mengajarkan permainan musik.

Menurut sebuah penelitian Universitas Toronto, USA terhadap 132 siswa SD. Anak –anak yang suka memainkan musik ataupun bernyanyi memiliki mental yang lebih baik daripada yang tidak belajar musik.

Sementara, hasil penelitian dari para ilmuwan yang diselenggarakan berbulan-bulan di sebuah sekolah di Swiss ini dapat menjadi pertimbangan. Dalam hasil penelitian tersebut yang diberi judul “Children Learn Faster to the Sound of Music” , menyimpulkan bahwa anak-anak yang belajar musik memiliki daya tangkap lebih cepat dibanding anak-anak yang tidak belajar musik.  Baca juga musik klasik untuk ibu hamil

Disamping itu, terlihat prestasi sekolah anak-anak yang belajar musik, juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak belajar musik. Di Rhole Island, Amerika Serikat penelitian juga dilakukan terhadap anak-anak sekolah musik tingkat (grade) delapan.

Pada kesimpulannya dalam artikel yang berjudul “Learning Improved by Arts Training”, bahwa anak-anak yang belajar musik memiliki kepekaan dan daya imajinasi yang lebih tinggi dibanding anak-anak yang tidak belajar musik. Mereka yang belajar musik akan lebih cenderung lebih kreatif dibanding dengan yang tidak belajar musik.

 

Salah satu artikel dalam majalah psikologi di Jerman, “Psychologie Heute” yang diberi judul “Music Makes Children Smart” melaporkan bahwa anak-anak yang belajar musik cenderung lebih peka perasaannya dalam berbagai suasana. Meskipun para ilmuwan masih terus meneliti kesimpulan diatas, namun mereka secara aklamasi mengakui bahwa musik bisa memberikan stimulus atau rangsangan terhadap bidang lainnya serta bisa membantu kecerdasan seseorang.

Menurut Clarissa Joceline, guru Sekolah Musik Yamaha Cirebon, sejak dalam kandungan, sebaiknya seorang anak selalu didengarkan musik, terutama musik klasik. Salah satunya untuk membantu kecerdaan otak dan yang pasti musik klasik seperti terapi ketenangan. Setelah anak lahir dan mulai tumbuh kembang, orang tua pun memperkenalkan keragaman musik tersebut. Sejatinya, hal itu dilakukan untuk memacu perkembangan otak si anak.

Mendengarkan musik bisa dari beberapa tempat atau media, mulai dari radio, compact disk (CD), hingga TV, atau bisa ke sekolah musik. Agar bisa memainkan alat musik, salah satu sekolah musik adalah Yamaha.

Di Sekolah Musik Yamaha Cirebon, memberikan pembelajaran sejak usia dua tahun. Hanya saja untuk kota Cirebon ini usia terawal di sekolah musik Yamaha adalah empat tahun.

Untuk anak usia empat tahun bisa disertakan dalam junior music course, sedangkan jika anak sudah lebih besar (enam tahun keatas), sudah bisa memilih alat musik yang disukainya dan ingin dipelajari.

Menurut Clarissa, sangat baik jika orang tua bisa mengetahui apa yang diinginkan putra putrinya, dan menyesuaikan kursus yang diikutinya. Dengan ketertarikan anak tersebut, dan usia enam tahun adalah usia yang cocok untuk memulai belajar piano.

Piano salah satu alat musik yang baik untuk diajarkan kepada anak -anak dan sebaiknya dilakukan sejak dini. Pada usia dini anak-anak lebih mudah menyerap, menerima, dan mengingat hal hal baru yang pada akhirnya,dapat membantu perkembangan otak anak.

“Lewat pembelajaran piano fungsi otak kanan dan kiri meningkat. Namun diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk bisa memainkan alat Piano. Hal ini disebabkan anak-anak cenderung lekas bosan, jenuh, stress dan tak mau lagi main piano,” paparnya. Baca artikel dan tips ibu hamil.

Belajar piano bukanlah suatu proses instan. Perlu waktu, komitmen, disiplin, dan ketekunan, jangan menyerah ketika menemui kesulitan. Nah…para orang tua, tunggu apalagi? Anda pastinya ingin memiliki putra putri yang tidak hanya cantik dan tampan tapi juga cerdas. Karenanya, asahlah otak anak Anda sejak dini dengan bermusik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *